Langkah pertama sebelum kita dapat menggunakan Sound Object adalah kita harus mendefinisikan objek suara dahulu dan proses ini disebut instantiate.
1.Seperti biasa buka dulu file movie Flash baru.
2.Kita buat tiga buah instance tobol di stage untuk tombol Musik 1, Musik 2 dan tombol Stop
3.Buat layer baru dan diberi nama “action” kemudian seleksi frame 1, buka action panel isikan script berikut:
mySound=new Sound();
4.Langkah berikutnya adalah mengimpor dua buah suara kedalam library misalnya “suara1” dan “suara2”.
5.Pada library seleksi suara1 klik kanan pilih Lingkage. Akan muncul kotak dialog Lingkage Properties, aktifkan pilihan Export for ActionScript, pada Identifier akan muncul suara1.
6.Lakukan pula pada suara 2
7.Seleksi instance tombol Musik 1 dan masukkan script berikut:
on (release) {
mySound.attachSound('suara1');
mySound.start(0,999)
}
8.Seleksi instance tombol Musik 2 dan masukkan script berikut:
on (release){
mySound.attachSound("suara2");
mySound.start(0,999);
}
9.Dan seleksi juga tombol Stop serta masukkan script berikut:
on(release){
mySound.stop();
}
10.Lakukan test movie
11.Suara akan terdengan bertabrakan pada saat dijalankan maka tambah kan satu baris script sehingga seperti berikut
on (release) {
mySound.attachSound('suara1');
mySound.stop();
mySound.start(0,999)
}
12.Lakukan pula untuk tombol Musik 2
13.Silahkan dicoba
14.Semoga Sukses.
Sabtu, 30 Januari 2010
Home »
Kuliah Animasi
» MENGGUNAKAN SOUND OBJECT
MENGGUNAKAN SOUND OBJECT
Tinggal di magelang
bekerja disalah satu PTS di Magelang
pada awalnya di perpustakaan dan kemudian di laboratorium komputer
0 Comments:
Posting Komentar